Brownies Panggang!

Haloo, dua hari yang lalu aku mencoba resep baru: Brownies Panggang. Mumpung lagi di Palembang jadi ada oven dan mixer. Hehe. Ternyata bikinnya mudah banget loh, dan rasanya luar biasa. Nah, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:Image

200gr margarine

200gr dark cooking chocolate

3 butir telur

150gr gula pasir

120gr tepung terigu khusus kue

½ sdt garam

1 sdt vanili

Chocochips/kacang almond/kacang kenari/keju parut untuk hiasan

Cara memasak:

Baiklah aku akan menjelaskan cara memasaknya secara naratif ya. Jadi, pertama itu siapin dulu peralatannya: mixer, mangkok-mangkok, spatula, panci dan loyang. Timbanglah bahan-bahan yang diperlukan sesuai takaran agar hasilnya sesuai yang diharapkan. Kalo udah ditimbang dengan benar dan hasil jadinya tidak sesuai harapan, ya kesalahan bukan pada yang menulis ini, tetapi hmm… yuk lanjut!

Step I

Potong-potong cokelat hingga menjadi potongan kecil agar mudah meleleh ketika di-tim. Apa itu di-tim? Berikut aku jelaskan cara tim yang benar. Rebus air di panci dan taruh mangkok besi yang telah terisi margarine (atau mangkok dari bahan lain yang tahan panas) di dalam rebusan air tersebut. Panas air mendidih tersebut membuat margarine meleleh. Bila sudah meleleh, masukkan potongan-potongan cokelat. Aduk hingga cokelat dan margarine telah tercampur rata. Oh ya, hati-hati saat mengaduk. Jangan terlalu kuat karena air yang diluar (panci) dapat masuk ke dalam mangkok dan merusak adonan. Terakhir, angkat dan biarkan dingin sebentar.

Step II

Di tempat terpisah, kocok telur dan gula dengan mixer kecepatan sedang sampai telur mengembang dan lembut. Warna telur tersebut biasanya berubah menjadi kuning muda. Campurkan tepung terigu, vanili dan sedikit garam. Lalu masukkan ke dalam telur yang telah dikocok tersebut sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal. Kalo males dan ngotot sekali banyak masukinnya, bakalan repot sendiri mengaduk-aduk adonannya sampai benar-benar rata. Percayalah! Setelah itu, masukkan cokelat yang telah di-tim ke dalam adonan. Aduk sampai rata. Tuangkan ke dalam loyang. Untuk adonan ini, cukup di loyang berukuran 20×9,5×6 cm. Kemudian taburi hiasan chocochips/kacang almond/kacang kenari/keju parut di atas adonan.

Step III

Terakhir, panggang adonan di oven pada suhu 170° C selama ±45 menit. Dan voilaa!

Image

Mungkin bagi kalian, kuenya terlihat gosong. Tapi aslinya ga kok, beneran bukan nutup-nutupin. Rasanya enak banget, apalagi pas masih panas. Cokelatnya lumer di mulut. Nyum!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s