Awal Perjalanan Skripsi

Halooo,

Seharusnya postingan ini letaknya sebelum postingan “KAI, Kereta dan Pedagang”. Tetapi, ntah kenapa postingan ini tiba-tiba hilang, bahkan di draft pun tidak ada. Hmm, tidak apa, akan ku-post lagi karena postingan ini cukup penting untuk merekam perjalanan semester akhir aku kuliah.

Kemarin aku disibukkan oleh skripsi. Hal yang membuatku dilema semester kemarin: apakah sebaiknya aku skripsi tetapi aku takut tidak dapat menyelesaikannya atau non skripsi tetapi nanti lanjut S2-nya susah karena terbatas, tidak semua universitas dan jurusan menerima mahasiswa yang tidak menulis skripsi. Akhirnya Desember kemarin, aku telah memantapkan hati untuk menulis skripsi sebagai masterpiece hasil kuliah empat tahun di Sastra Jerman UI. Aku memilih linguistik sebagai bidang yang akan aku analisis. Selain karena melihat nilai-nilaiku, aku memang menyukai linguistik, terutama mengenai tata bahasa. Awalnya aku sempat bingung dan ragu dengan tema yang telah kupilih pada saat kuliah Metodologi Penelitian semester 6 kemarin (untuk mengetahui tema aku itu, sila lihat posting 2012: My Year) karena aku merasa kurang sreg dan juga data pendukung yang tidak banyak. Takutnya bila tidak klik di hati, aku malah ogah-ogahan untuk menyelesaikan skripsinya. Oleh karena itu, akhirnya aku banting setir ke tema yang jauh berbeda tetapi masih di bidang linguistik juga, yakni Pengadaptasian Novel ke dalam Komik. Aku mendapat inspirasi untuk beralih ke tema ini ketika aku sedang mengunjungi perpustakaan Goethe. Disana tiba-tiba sebuah buku bersinar dari kejauhan. Ketika aku dekati, rupanya itu sebuah komik adaptasi dari novel yang cukup fenomenal karangan Gudrun Pausewang: “Die Wolke”. Dan cringg, tema itu muncul di kepala. Alhamdulillah.

Siang kemarin, aku bertemu dengan dosen pembimbingku untuk menanyakan apakah tema yang aku pilih tersebut dapat dilanjutkan atau sebaiknya aku pilih tema yang lain saja. Degdegkan sekali. Aku sampai berulang kali salah mengucapkan kata adaptasi menjadi adatasi akdatsi saking gugup (dan segan) dengan pembimbingku tersebut. Hahaha! Dan alhamdulillah aku mendapatkan lampu hijau untuk meneruskan penelitian mengenai topik tersebyt. Ia juga memberikan masukan mengenai buku-buku yang harus aku baca, teori yang harus aku pelajari, fokus penelitian dan analisis apa yang harus aku lakukan di tahap pertama. Ahh, senang sekali rasanya!

Sepulang dari menghadap dosen pembimbingku, aku menuju perpustakaan Goethe Institut untuk mencari korpus data yang kurang dengan tergesa-gesa karena saat itu waktu telah menunjukkan pukul 16.30 sedangkan perpustakaan tutup pukul 19.00. Namun, ternyata kereta lagi bermasalah akibat ditutupnya rel di Stasiun Pondok Cina (mengenai masalah lebih lanjutnya bisa dibaca di postingan sebelum ini). Mau marah sebenarnya, tetapi akhirnya aku memilih ikhlas dan menerima “gangguan” tersebut sebagai ujian pertama untuk melihat keseriusanku terhadap skripsi ini. Untungnya tidak lama kemudian, kereta arah Bogor yang tertahan di Stasiun UI dipindahkan ke rel arah Jakarta, dan aku dapat sampai di Goethe kurang dari 1 jam. Dan beruntungnya lagi, novel yang aku cari sedang tidak dipinjam sehingga aku dapat langsung meminjamnya dan kembali lagi ke Depok untuk memfotokopinya di Cano agar mirip seperti buku aslinya, dan bisa dicoret-coret warna-warni. Dan voila, inilah buku-bukunya:

(foto menyusul, bukunya ketinggalan, hehe)

Di perjalanan pulang, kereta yang aku tumpangi penuh sekali, dampak dari gangguan tadi siang. Mungkin bila aku sebuah kaleng, keluar dari kereta aku sudah gepeng dan penyok. Akan tetapi, lagi-lagi aku tanggapi masalah tersebut sebagai ujian  dalam proses “penyekripsian” ini, hehe.

Walaupun badan lelah dan otok kencang karena harus bolak balik Jakarta-Depok, tetapi aku senang sekali akhirnya aku bisa memulai skripsi ini. Aku semangat sekali untuk menyelesaikan Bab I dan analisis data sebelum liburan berakhir. Aku yakin aku bisa menyelesaikan masterpiece ini dengan baik dan tepat waktu. Bismillah.

Leave a Reply

