Ikatan Studi Jerman

Aku lupa mau cerita tentang Ikatan Studi Jerman (ISJ) UI, baru inget setelah Laporan Pertanggung Jawaban dibuat. Jadi, tahun 2012 lalu,  ISJ dipegang oleh angkatanku (maaf tahunnya disensor). Ada tiga orang dengan karakter yang berbeda-beda menjadi kandidat kuat untuk memegang posisi ISJ 1. Namun, setelah kampanye dan pengambilan suara yang cukup singkat, akhirnya Pinka Almira Kusuma menjabat sebagai Ketua ISJ UI 2012 dengan wakilnya Ratna Dewi Kusuma (ini ternyata sama-sama kusuma ya, baru sadar!) pada akhir Desember 2011. Pemilihan pengurusnya berlangsung cukup lama. Aku diminta oleh Pinka untuk menjabat sebagai Koordinator Hubungan Masyarakat Ikatan Studi Jerman UI ketika aku masih backpacking ke Singapore di awal Februari. Aku ingat sekali pagi itu aku sedang siap-siap untuk kembali menjelajah negara kecil tersebut, ketika direct message di twitter, yang menanyakan kesanggupan untuk mengurus divisi itu, masuk. Walaupun sejujurnya aku belum punya pengalaman sama sekali di bidang itu, tapi aku terima pinangan tersebut dengan, hmmm, setengah ragu-ragu. Untungnya aku tidak sendiri di divisi itu, yakni ditemani oleh Intar Nindy yang justru lebih banyak bekerja selama masa jabatan kemarin (pengakuan dosa, hehe *ditoyor). Terima kasih ya, Intar!
Selama menjabat, ada beberapa program yang kami jalankan. Untuk Divisi Humas sendiri, poin utama yang kami tekankan adalah menghubungan masyarakat ISJ dengan masyarakat luar, dan juga antarmasyarakat ISJ sendiri. Oleh karena itu, kami aktif sekali di twitter (@ISJUI) untuk menyampaikan informasi terbaru ataupun berbagi cerita dengan followers yang kini sudah mencapai angka 500 (Yeay!). Untuk yang suka Jerman dan butuh informasi tentang Jerman, mari di-follow twitternya @ISJUI. Untuk Facebook, kami kurang gencar karena menurut kami twitter lebih banyak digunakan saat ini dan juga lebih simpel. Untuk mengenalkan kepada masyarakat FIB ketika acara-acara perkenalan organisasi, kami membuat video kolase foto pengurus ISJ UI 2012 beserta program kerja selama setahun kemarin. Photo session-nya singkat cuma memakan waktu kurang dari 2 jam. FYI, sebelum foto-foto kami dandan dulu loh, makanya pada cakep-cakep kan. Terakhir, lega rasanya Buletin ISJ bisa turun cetak pada Agustus 2012, yeay! Desain dan kontennya super sekali, terima kasih ya Mumut, Olly, Clara dan Tedy!
Kalo penasaran siapa aja sih dibalik ISJ UI 2012, sila dilihat video di bawah ini

Pasti pada kaget kenapa cowonya cuma satu? Ya itu derita Sastra Jerman UI selalu kering lelaki, paling banyak juga belasan, ga pernah deh perbandingan perempuan dan lelaki lebih dari 1:3. Angkatanku sepertinya yang paling menyedihkan, dari jumlah total sekitar 70 orang, hanya terdapat 3 orang pria (should I write macho? I guess no). Makanya bawel semua, dan mulutnya kadang beleberan, hahaha. But surely, I will miss you DE09!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s