Sang Alkemis

Selamat tahun baruuuuu! Semoga tahun ini keberuntungan selalu di dekat kita ya (aku dan kamu yang sering baca blog ini :D)

Akhir Desember lalu, aku pulang kampung ke Palembang gara-gara homesick berat. Kangen ayah ibu dan masakan rumah padahal ga nyampe 2 bulan yang lalu ketemu sewaktu mereka kesini. Iya si, teknologi udah maju, bisa telpon atau video chat, tapi rasanya ga cukup cuma denger suara atau muka virtual aja. Sedih emang harus jauh dari orang tua, semuanya harus ditanggung dan diurus sendiri dan jarang ada yang ngomelin ini itu. Diomelin sih, tapi cuma sebatas di telpon paling lama juga sejam sehari. Udah gitu makan ya seadanya duit di dompet, kalo lagi banyak bisa makan enak kalo tinggal selembar ya gitu deh. Bersyukurlah kalian yang masih serumah sama orang tua. Serius deh, bukan cuma masalah-masalah remeh itu aja, tapi ada rasa dalam jiwa ini yang bikin ga pengen jauh dari orang tua. Aku semakin kesini (semakin bertambah umur maksudnya), semakin ingin dekat dengan ayah ibu. Kalo lagi mellow, kadang suka nangis sendiri inget orang tua jauh, apalagi kalo inget belom bisa ngasih apa-apa ke orang tua.

Sewaktu di Palembang, aku bener-bener menghabiskan waktu bareng keluarga. Dari 13 hari disana, cuma 3 hari aku jalan sama temen-temen, sisanya selalu bareng ayah ibu atau pun keluarga besar lain! Padahal dulu pas awal-awal kuliah dan pindah kesini kalo pulang ke Palembang lebih sering jalan-jalan sama temen.

Salah satu kebiasaan kalo pulang ke Palembang itu aku selalu minta beliin ayah buku. Kali ini aku beli buku The Alchemist karya Paulo Coelho. Aku udah lama banget denger cerita orang-orang tentang buku ini. Buku ini semacam must-read book of all time kalo kata orang. Dulu mikir yaudahlah ya ga kenapa-kenapa kok kalo ga baca buku ini. Tapi sepertinya buku ini memilihku untuk membacanya (maaf objek di kalimat ini berasa penting, silahkan ditoyor). Kenapa aku bisa ngomong gitu? Soalnyaa… aku awalnya ga liat buku itu dan ga niat beli buku itu juga. Aku berencana beli Life Traveler-nya Windy Ariestanty, kalo ga Journey yang pengarangnya ada 12 itu. Sayangnya aku lagi sial, pas kesana bukunya abis! Tapi emang dasar niat minta beliin buku, jadi maksa ngubek-ngubek toko buku itu nyari buku bagus yang enak dibaca dan harganya masih ditolerir ayah. Buku The Alchemist ini tiba-tiba bersinar diantara buku-buku lain di rak tengah. Akhirnya mataku terpaku pada buku ini dan hatiku jatuh padanya.

the alchemist
Bukunya termasuk kategori tipis yang dalam semalam abis dibaca. Tapi seperti biasa kalo aku udah jatuh cinta sama satu cerita atau buku, aku menghabiskan bab-bab terakhir dengan sangat pelan. Aku takut kehilangan suatu dunia yang telah aku nikmati. Oleh karena itu aku menghabiskan buku ini dalam 2 hari dengan sangat pelan dibacanya. Kesan pertama membaca buku ini: wow bagus sekali ceritanya, banyak kalimat-kalimat menarik yang harus dikutip. Kesan setelah membaca buku ini: bagaimana Paulo Coelho membuat cerita semenarik dan seinspiratif ini ya?

Berikut beberapa kalimat-kalimat menarik yang kukutip dari cerita -The Alchemist Paulo Coelho:

Orang tampaknya selalu merasa lebih tahu, bagaimana orang lain seharusnya menjalani hidup, tapi mereka tidak tahu bagaimana seharusnya menjalani hidupnya sendiri.

Orang-orang suka membicarakan hal-hal yang sangat aneh, sampai-sampai kita tidak tahu bagaimana mesti meneruskan percakapan

Tapi aku seperti orang-orang pada umumnya–hanya melihat apa yang ingin kulihat, bukan apa yang sebenarnya terjadi

Ada hal-hal yang tidak perlu dipertanyakan, supaya kau tidak melarikan diri dari takdirmu.

Sekarang aku tahu mengapa buku ini menjadi best seller di seluruh dunia.

2 thoughts on “Sang Alkemis

Leave a Reply

