Senang Bertemu Denganmu!

Tadi sore menjelang magrib, aku pulang naik kereta ekonomi seperti biasa. Ga perlu lama nunggu, kereta pun datang, dan sepi! Aku memilih tempat duduk dipinggir sebelah bapak-bapak setengah baya. Untuk menghilangkan kegaringan ga ngapa-ngapin di kereta selama 20 menit ke depan, akhirnya aku memilih untuk melanjutkan membaca koran.
Setengah jalan, bapak-bapak sebelahku tiba-tiba membuka percakapan. Dia menanyakan sebuah pertanyaan yang membuatku cukup tekejut, “Menurut neng sebagai mahasiswa, korupsi bakal ilang ga?”. Aku terdiam. Aku terkejut karena pertanyaan tersebut diajukan oleh seorang bapak-bapak dari golongan menengah ke bawah dan tanpa pendidikan (bukan asal ngomong atau asal nilai, tapi dia sendiri yang bilang dia ga sekolah).
Pasti pada nanya, emangnya orang kaya mereka ga boleh nanya? Hmm, sebenernya bukan ga boleh, tapi kaget orang kaya mereka, yang mikirin buat makan sehari-hari aja susah, tapi masih peduli terhadap negara ini, masih mau mengikuti perkembangan politik negara ini. Aku terharu, serius. Aku kira rakyat Indonesia mulai apatis terhadap bangsa ini, ternyata tidak semua orang seperti itu.
Setelah cukup lama terdiam, aku pun menjawab pertanyaan tersebut, lalu kemudian berlanjut pada diskusi cukup seru mengenai keberlangsungan negara ini. Orang-orang disebelah dan depan juga terlihat menyimak diskusi kami.
Sayang, belum sampai puncak diskusi, aku harus turun karena sudah sampai Kalibata. Tapi aku bahagia, ketemu orang yang bisa diajak diskusi tentang politik tanpa dicap sok-sokan, dan ternyata masih ada orang-orang peduli terhadap negara ini diluar sana yang seperti bapak tadi. Senang bertemu denganmu, pak! 🙂

Advertisements

One thought on “Senang Bertemu Denganmu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s